The hospital provides JCI with accurate and complete information throughout all Only hospitals with current JCI accreditation may display the Gold Seal. 1 KELOMPOK STANDART PELAYANAN BERFOKUS PADA PASIEN BAB I AKSES KE PELAYANAN DAN KONTINUITAS PELAYANAN (APK). JCI. Joint Commission International. JKN. Jaminan Kesehatan Nasional Komisi Akreditasi Rumah Sakit (Indonesian Hospital Accreditation.

Author: Mashicage Fegar
Country: Eritrea
Language: English (Spanish)
Genre: History
Published (Last): 20 November 2004
Pages: 417
PDF File Size: 13.5 Mb
ePub File Size: 14.59 Mb
ISBN: 318-7-97154-743-6
Downloads: 14994
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Kigagami

Sehingga kepala instalasi farmasi menugaskan tim QCC PADI untuk menyelesaikan masalah tersebut karena jika tidak segera ditangani akan memberikan dampak negatif. Sejak saat itulah aku selalu berusaha mengembangkan dokumentasi farmasis. Berikut di bawah ini 7 standar pelayanan farmasi wkreditasi harus dipenuhi dalam akreditasi rumah sakit:.

Lembar tersebut telah digunakan oleh tim farmasi klinik PPRA dan mahasiswa ketika mencari studi kasus.

akreditasi rs jci pdf

Banyak sekali catatan yang dapat digunakan sebagai bekal dalam menjalankan unit PIO. This site uses cookies. DDD adalah dosis rata-rata harian untuk indikasi tertentu pada orang dewasa. Sumber data penggunaan antibiotika dapat diperoleh dari data pembelian, catatan penyiapan antibiotika maupun rekaman pemberian antibiotika. Materi yang disampaikan narasumber berjudul Pemanfaatan Sumber Informasi Ilmiah Secara Maksimal, mengulas tentang jenis sumber informasi, upaya maksimal dalam memanfaatkan sumber informasi ilmiah, trik-trik dalam googling, dan daftar website sumber ilmiah.

Apoteker yang hadir sangat antusias menyimak materi yang disajikan, banyak pertanyaan yang diajukan kepada narasumber dan mereka semakin antusias ketika mempraktekkan pencarian sumber informasi di website. Penggunaan antibiotika yang tidak tepat merupakan salah satu penyebab terjadinya resistensi antibiotika.

Ketetapan pimpinan RS tentang jadwal rapat, notulen rapat, daftar hadir, laporan, rekomendasi dan tindak lanjut. Pengambilan data dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung.

  KNYGA DIEVU MISKAS PDF

Mereka layak bingung -begitupun aku- karena tahun ini merupakan tahun terakhir akreditasi rumah sakit dengan auditor KARS. February 4, Leave a comment. Praktek googling dimulai dengan memanfaatkan www. November 25, Leave a comment.

Data penggunaan antibiotika diperoleh dari patient—level maupun aggregate—level. Setiap selesai perbaikan, aku selalu mengujicobakan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencatat, data apa saja yang bisa ku rekam untuk melakukan pengkajian terapi pasien.

Program tertulis peningkatan mutu pelayanan kefarmasian, jadwal kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, catatan evaluasi, rekomendasi dan tindak lanjut.

Dan ketika dievaluasi ternyata belum banyak informasi tentang pasien yang bisa dikaji. Untuk penggunaan di rumah sakit, dihitung sebagai DDD per patient-days. Pengembangan terus berlanjut meskipun aku pindah ke bagian obstetric dan bagian bedah anak serta combustio.

Semoga lembar ini dapat berguna dan menunjang peran farmasis. Sedangkan cara tidak langsung adalah biaya pembelanjaan antibiotika dan jumlah akteditasi yang dibeli.

SK organisasi, Bagan organisasi dengan pejabatnya, uraian tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab secara tertulis, bukti penyebaran informasi, catatan evaluasi.

– It’s me – | Thinking outside of box

Evaluasi dan Pengendalian Mutu. Hasil yang alreditasi tersebut mengukuhkan Indonesia sebagai salah satu negara terbaik dalam penerapan QC Tools.

Program kerja, notulen dan laporan rapat, SK pembentukan KFT, jadwal kegiatan, kerangka acuan program, Formularium yang direvisi minimal setiap 3 tahun, Standar terapi untuk RSU, minimal mencakup Pelayanan Medis Spesialistik DasarLaporan evaluasi penulisan akredditasi dan penggunaan obat generic, Kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan penggunaan obat di rumah sakit, catatan evaluasi dan tindak lanjut.

Untuk rumah sakit, jfi 16 pelayanan yang harus terakreditasi termasuk pelayanan farmasi. Perhitungan kuantitatif antibiotika bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan antibiotika di rumah sakit maupun komunitas. Program orientasi, jadwal kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, catatan evaluasi. Aku menyadari bahwa tidak mudah menerapkan penggunaan dokumentasi farmasis di setiap ruangan mengingat beban kerja teman-teman apoteker yang masih berkutat pada manajerial.

  FWG114P MANUAL PDF

July 8, Leave a comment.

Dengan dilakukannya perbaikan mutu maka diharapkan dapat membawa dampak positif diantaranya mengoptimalkan pengobatan pasien, meminimalkan waktu rawat inap, efektivitas biaya dan mengembangkan akredtiasi klinik di RSU Akredigasi. Setelah berulang kali merubah format, akhirnya di bulan agustus aku mendapatkan format yang cukup memadai untuk menggambarkan kegiatan farmasis, perkembangan terapi, perbaikan kondisi hingga permasalahan terkait obat.

Audit Kuantitatif Antibiotika February 4, 9 Comments. Karena pelayanan farmasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan rumah sakit.

akreditasi rs jci pdf

February 4, 9 Comments. Klasifikasi antibiotika berdasarkan Anatomical Therapeutic Chemical Classification System ATC terdiri dari 5 tingkat yaitu grup anatomi utama antiinfeksi untuk a,reditasi sistemikgrup terapi antibakteri untuk penggunaan sistemikgrup farmakologi golongan antibakterisub grup farmakologi, dan nama kimia antibiotika.

Latar belakang diambilnya tema tersebut berdasarkan banyaknya kejadian sisa obat injeksi pada pasien pediatrik dan hasil temuan SPI. March 25, 6 Comments. Dan pemantauan dampak positif hasil perbaikan tetap dilakukan secara rutin untuk mempertahankan hasil yang telah dicapai.

Ketentuan tertulis, prosedur evaluasi, hasil evaluasi, laporan, rekomendasi dan tindak lanjut. Pada kesempatan kali ini, aku ingin membahas tentang audit penggunaan antibiotika secara kuantitatif. Dokumentasi farmasis bermula dari log book yang mencatat semua aktivitas harianku, mulai dari mengabsen pasien, mengecek ketersediaan obat, melihat terapi pasien, meminta resep ke dokter, menyiapkan-distribusi obat, meng-update kondisi pasien hingga ra ke dokter.

Dan pada akhir acara, narasumber menyampaikan kesediaannya untuk menjadi mitra ketika kami para Apoteker RSSA kesulitan mencari sumber informasi ilmiah.